Hindari Ego Saat Membuat Menu Restoran

Menu Favorit Anda Bisa Saja Tak Laku di Pasar .

food - ABBQ-BBQ-beef-burger-with-Monterey-jack-cheese-salad-sauce-and-pickleDi Bisnis Restoran, Anda tidak akan bisa menjual apapun, kecuali anda memiliki sebuah menu yang sudah disiapkan kepada pasar yang di anda bidik, apakah itu makanan pembuka, makanan utama, makanan penutup ataupun menu minuman. Karena itulah produk anda dimata pasar.

Sekalipun bisnis anda merupakan warung, tetap saja anda membutuhkan sebuah menu, sebagai alat komunikasi dengan para calon pelanggan, misalnya dengan tulisan di banner yang bisa di baca pengguna jalan

Tantangan utamanya dalam menentukan menu adalah bagaimana sejak hari pertama diperkenalkan, menu-menu tersebut membawa kesan positif dibenak pelanggan, apakah itu rasanya, penampilan ataupun harganya, karena itu adalah awal apakah usaha anda akan berlangsung lama

” Ibarat anda berada dikolam yang ikannya banyak, anda tidak akan berhasil jika umpan yang diberikan tidak sesuai dengan ikan-ikan yang ada dikolam tersebut, sekalipun ikan tersebut sangat lapar, andapun akan buang- buang biaya, tenaga dan waktu”

( adith raharjo )

Sesuaikanlah menu dengan pasar

Salah satu strategi paling mendasar dalam bisnis kuliner apapun yaitu pastikan menu yang ditawarkan restaurant sudah sesuai dengan  kemauan pasar. Bertanyalah pada diri sendiri “ Apakan Makanan Ini Cocok dengan pelanggan saya ‘ ?

Setelah menangani banyak restoran sakit dibanyak tempat, saya punya pendapat sendiri, bahwa banyak kejadian dibeberapa restoran yang gagal salah satunya diakibatkan kesalahan dalam menentukan menu. Disini faktor ego / kesenangan pribadi sangat berperan dalam kegagalan berbisnis, misalnya seorang pemilik restoran atau kepala tukang masak ( Chef ) atau juga seorang Manajer  yang memaksakan kehendaknya agar menu kesukaan pribadinya dimasukkan kedalam menu .

Jangan Terjebak EgoAnda

Ingatlah ini, jika anda makan disuatu tempat yang ramai dengan menu tertentu bukan berarti menu kesukaan anda akan disukai oleh pasar restoran anda, jadi bagaimanapun hebatnya masakanan yang anda tawarkan, atau siapapun yang memasak, atau resepnya dari ujung langit sekalipun, menurut saya pribadi itu semua tidak ada gunanya jika selera pasar tidak cocok dengan makanan yang di sajikan

Salah seorang peserta pelatihan Restaurant Profit Clinic asal jakarta, anak seorang konglomerat yang ingin membuka restaurant kelas satu dan berani mendatangkan chef dari thailand langsung yang di gaji sudah 4 bulan untuk set-up restaurant tersebut . kemudian buka beberapa bulan tapi sepi hidup segan mati tak mau

Setelah sesi pelatihan, Saya di undang ke rumahnya untuk di ajak diskusi dengan keluarganya, saya sempatkan untuk melihat menu-menunya dan beberapa photo, dari kualitas presentasinya sangat menarik dan tidak yang salah dengan menu tersebut, saya cuma bertanya ” Pak mohon maaf, mengapa bapak memaksakan diri untuk membuka restoran thailand ke daerah ini ” ? mau tahu jawabannya ? Iya pak karena semua keluaga saya suka sekali makanan thailang “ DOOOR !!

Saya selalu mengingatkan, anda boleh menyukai makanan tertentu, tapi untuk berbisnis, emosi atau kesenangan pribadi di simpan dahulu

Begini solusi terbaiknya

Cara terbaik adalah mulailah jual menu makanan yang sudah dikenal dipasaran, namun selipkan juga makanan andalan anda dalam menu dan selalu perkenalkan / promosikan kepada setiap pelanggan yang datang dengan persuasif, sehingga ahirnya menu tersebut menjadi sebuah ikon restoran anda

” Sekali lagi bedakan antara kesenangan anda dan bisnis anda. jika anda suka pada menu tertentu boleh-boleh saja, tapi ketika anda berbisnis restoran, belum tentu menu tersebut cocok dengan pasar anda ” 

( Adith RAHARJO )

Cara terbaiknya adalah cari tahu siapa pasar anda lalu penuhilah kebutuhannya, setelah itu anda bisa mengedukasi dengan menu andalah anda secara bertahap, usahakan jangan drastis ! misalnya dengan mengangkat menu tersebut sebagai menu promosi.

jika ingin tahu lebih dalam cara membuat menu yang mudah laku, pelatihan restaurant profit clinic akan sangat membantu anda menemukan solusi tersebut, jika berminat silahkan daftarkan nama anda disini .

Semoga Bermanfaat !

Adith RAHARJO

Informasi, Konsultasi & Pelatihan

Fenny Williana

0813.7221.3999

info.aplushospitality@gmail.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s