Enaknya Bisnis Apa Ya ?

Gak perlu ribet, Begini cara cerdas memulai bisnis

Oleh Adith RAHARJO

memulai_bisnisSejauh ini baik dalam seminar atau pertemuan pribadi, sangat sering sekali saya menerima pertanyaan dari orang yang ingin sekali membuka usaha kuliner, jika dipersempit kebanyakan pertanyaan mereka adalah, ” Pak Adith, enaknya bisnis apa ya ? Sebagian lagi bertanya , Pak Adith, bisnis kuliner apa yang sedang trend  saat ini?

Kawan, ingin tahu lbagaimana saya merespon pertanyaan ini ? begini, jika pertanyaan semacam ini di tanyakan terus, pasti usahanya buat mikir terus dan usahanya gak buka-buka, bisnis itu bukan untuk ditanyakan terus melainkan untuk di lakukan ( action bro ! ), mengutip apa kata kawan baik saya mas jaya setiabudi, dia selalu bilang, ” bisnis yang bagus itu bisnis yang dibuka, bukan di pikirin terus ” he..he..he..

Begini Pengalaman Pribadi Saya

Dulu saya pernah mengalami hal serupa, banyak mikir bertahun tahun bisnis apa yang baik untuk di mulai ? , akhirnya gak jadi-jadi, maju…mundur…maju..mundur….cantik…cantik, begitu kata syaharini artis top Indonesia, tetapi saat banyak bergaul dengan orang yang tepat dan membaca banyak literatur, akhirnya saya  menemukan sebuah ide bisnis yang ternyata tidak jauh-jauh dari keahlian yang saya asah bertahun – tahun yakni dibidang hotel & restaurant.

Jangan salah sangka dulu, mungkin sebagian berfikir wah… hebat, pak adith punya usaha hotel sendiri atau restoran sendiri, Eittt…tunggu kawan, kalau itu yang ada dibenak saya saat itu, pasti saya gak action ! membayangkan investasinya saja langsung males ! mudur teratur bagai bunga mekar kemudian layu dan kering, lho..kenapa ? Iya berat bro… tahu enggak investasi buat hotel atau restoran itu dananya berapa ? kalau mikirin dana sebesar itu perut saya langsung mules mah….

Lalu Saya Mulai dari Mana ?

Mau tahu jawabannya ? Sell the expertise !! atau Jual keahlian !!,  Tapi kawan, tahukah Anda bahwa pada saat saya menemukan ide ini, perasaan khawatir melanda dan terngiang dikepala saya seperti ” Apa kata senior dibidang saya atau orang-orang yang lebih hebat dari saya ? “  karena saya tahu pasti masih banyak yang lebih jago tentang ilmu hotel dan restoran. saya berfikir mereka akan berkata ” Siapa kamu ? Kamu punya apa ? Bisanya Apa ? Kamu Kan anak kemarin sore ? namun hati kecil saya berkata kalau itu yang jadi fokusnys pasti gak jalan-jalan, fokusnya di alihkan, Bismillah….Maju Terus !! jangan perdulikan kata orang yang penting dimulai saja, toh itu cuma pikiran saya belum tentu terjadi, bukan ?

Sejak itu saya mulai menyusun program pelatihan, Restaurant Profit Clinic, dimana program ini di susun sangat hati-hati berdasarkan pengalaman dan pengamatan panjang perihal strategi, tips tentang bagaimana cara memulai bisnis resto, ide bisnis kuliner modal kecil pasar besar dan cepat ROI,serta cara memasarkan, menang bersaing dan cara mendeteksi dan mengontrol kebocoran keuangan dengan mudah.

Saat program ini di luncurkan wow… ternyata peminatnya luar biasa, sampai-sampai di batasi . dan hingga saat ini sudah lebih dari 1000 alumni Program Restaurant Profit Clinic  mulai dari Business Owner, Artist, Anggota DPRD, Dokter, Kepala Bank, Mahasiswa, Konsultan Kuliner, Pemilik Rumah Sakit, Chef Professional, Manager F&B di Hotel yang tersebar di Seluruh Indonesia, Sebut Saja Jebak Bali, Restaurant terfavorit di Bali di jalan Teuku Umar Denpasar. Ayam Goreng Pak Ulis di Aceh sekarang sudah 7 cabang dan 2 di Malaysia, Bakso Jawir di Jakarta, saat ini 13 gerai dengan omset 1.3 M / bulan, Sutsen Resto di Tasik Malaya, Legenda Chinese Restoran Kapin di Surabaya, berdiri sudah 3 Generasi, Mie Titi di Makassar juga Legenda Kuliner sudah 3 Generasi, Mie Pelangi di Jakarta, Es Teler Panglima di Jakarta, Kedai Nongkrong di Cirebon, Raja Uduk di Pontianak, Tan Kopi Tiam di Papua dan lain sebagainya, hingga saat ini kelas Restaurant Profit Clinic sudah mencapai kelas yang ke- 51, dan untuk mempererat kominkasi dan sharing telah kembangkan juga owners group yang bisa saling mengisi dan menceritakan cerita sukses masing masing .

Begitu juga dengan program pelatihan hotel management exclusive The Secret of Managing Hotels & Guest House, program ini dibuat khusus untuk owner hotel, guest house, atau para calon pimpinan hotel yang ingin mengetahui seluk beluk bisnis hotel secara lengkap, karena seluruh rahasia management bisnis hotel dari memulai, menghitung ROI, tehnik cari lahan, project management, strategi pemasaran, strategi keuangan, sumberdaya manusia dan strategi pelayanan “Wow factor ” dikupas tuntas selama pelatihan .

Mulailah dari satu dan Fokus, bisnis lainnya mengikuti .

Mulailah dari satu, jangan tamak dulu, karena ternyata jika ditekuni dari bisnis pertama telah mengalir menjadi bisnis lain seperti personal business coaching, konsultan hotel,  konsultan restoran & cafe In-house training dibeberapa perusahaan korporasi diundang jadi pembicara pada acara pariwisata, online travel agent ( http://www.aplustrip.com ), bahkan kini berkembang menjadi developer property .

Hindari Ikut-ikutan, Lihatlah pada diri sendiri

Masalah utama dalam memulai sebuah bisnis adalah, kadang kita terlalu disibukkan dengan mencari jenis bisnis apa? modalnya berapa ? dan itung-itungan untungnya berapa dan ruginya berapa ? lha..  sehingga membuat orang mundur teratur untuk mulai usaha bahkan  sebagian menjadi latah meniru bisnis orang lain yang belum tentu pas buat karakter dan passion yang di miliki. Dari sekian banyak buku start-up bisnis yang anda baca, saran saya sangat sederhana, Gak perlu ribet mikir-sana mikir-sini untuk memulai sebuah bisnis yaitu berani memulai dengan cara

” Cari dan Dalami Potensi diri dan Mulailah dari sana “

(Adith Raharjo )

Semoga Bermanfaat !

email : adith.raharjo@gmail.com

2 thoughts on “Enaknya Bisnis Apa Ya ?

Leave a Reply

