Empat Jenis (4) teman yang merubah masa depan Anda

Cara Sukses dengan memilih teman yang tepat

Adith RAHARJO

Mengapa orang tua kita selalu mengajarkan kita untuk memilih teman dengan benar ? Para orang tua kita benar – benar menginkan setiap kita mendapatkan teman yang baik hingga kita beranjak dewasa dan dapat memilih teman menurut kita baik

Memang dalam kehidupan siapapun tak pernah lepas dari pergaulan, kita membutuhkan teman untuk bermain, bertukar fikiran danbegitu juga dalam dunia kerja . teman teman inilah yang mengelilingi setiap saat. bahkan ada sebagian orang kehidupannya sangat tergantung kepada temannya

Ingatlah ini

Dalam kehidupan psikologis manusia, dengan siapa Anda bebicara, bermain bersantai, bekerja, dan siapa yang Anda kunjungi.akan membentuk cara Anda dalam memandang kehidupan, pikiran bahkan perasaan Anda, dan harus disadari bahwa interaksi dengan orang lain baik positif ataupun negative merupakan sebuah proses modifikasi pikiran

Pahami ini

Bahwa hampir semua kehidupan yang anda capai hari ini, baik itu prestasi, suka-duka, kesuksesan dan kegagalan, kebahagian dan kesedihan atau lainnya bukanlah hasil dari sebuah kebutulan, namum melainkan hasil dari sebuah proses pikiran, karakter yang terbentuk dari orang-orang yang mengelilingi Anda, dengan siapa anda bergaul, dengan siapa anda bersahabat, sengan siapa Anda bertukar pikiran, dan denga siapa Anda belajar

Nah sekarang apa yang harus dilakukan terlanjur salah pilih teman ?

Bagus ! artinya Anda mulai sadar. Begini, semua belum terlambat, Anda memiliki hak penuh dalalm kehidupan Anda termasuk segera mengganti atau memilih teman yang lebih menyegarkan dalam kehidupan Anda.

Di bawah ini ada beberapa pertanyaan yang dapat di jadikan dalam memilih teman dalam kehidupan sehari – hari .

  1. Apakah Teman Anda Selalu Mengeluh dan Tidak Puas ?

Dalam pergaulah sehari – hari sering kita di hadapkan padaorang orang yang mengeluh , tidak puas terhadap keadaan, pendapatan, pacar, atasan mereka, bawahan, istri dan banyak hal yang di keluhkan dalam kehidupannya sehari – hari .

Orang semacam ini hampir seluruh waktunya di habiskan terhadap hal – hal buruk . mereka berfikir bahwa dengan menceritakan hal buruk kepada orang lain akan menjadikan mereka sebagai pahlawan atau bahkan orang lain merasa kasihan dengan segala hal yang terjadi

Sikap selalu mengeluh inilah sangat berbahaya bagi keadaan psikologi Anda jika Anda sendiri tidak pandai menyaringnya dengan baik , karena hal demikian dapat meracuni otak siapapun yang mendengarnya, yakni merusak sikap dan mental serta membahayakan kesehatan pikiran Anda .

jika anda tidak ingin dirasuki oleh sikap dan mental yang salah, segera ganti teman anda sekarang juga .Temukan teman – teman yang selalu melihat kepada hal – hal baik bukan sebaliknya dalam keseharian, dan bergabunglah dengan teman – teman baru, kelompok baru dan berpartisipasilah dalam lingkungan baru yang lebih baik

2. Apakah Teman Anda berteman karena maksud tertentu ?

Sudah banyak cerita yang menggambarkan bahwa pergaulan dengan teman kadang membawa kita kepada hal – hal buruk seperti misalnya kita sering di manfaatkan oleh kawan kita sendiri . tentu saja ini banyak terjadi . mereka mencoba berteman dengan kita dengan maksud tertentu dibalik sebauh persahabatan. Dari pertemanan semacam ini tak jarang kita sendiri yang dirugikan .

Sebagian teman Anda dekat dengan Anda dengan memiliki maksud tertentu, misalnya karena Anda anak orang kaya, pintar di kelas, punya jabatan di pekerjaan atau alasan lain yang dapat menguntungkan teman – teman semacam ini. dalam melihat ini, Anda harus cermat melihat apa maksud dari tali pertemanan yang mereka harapkan, sehingga Anda tidak di manfaatkan oleh teman yang mau mengambil keuntungan dari persahabatan.

jika anda sudah merasa di manfaatkan atas kehadiran mereka di sekililing Anda, segeralah tinggalkan teman – teman semacam ini sebelum anda terjerumus kepada permainan yang memang ingin mereka perankan .

Adalah wajar, jika Anda ingin berbagi pengalaman pikiran dengan orang lain tapi ingat apakah teman Anda melakukan hal yang sama. Teman yang baik adalah teman yang selalu siap membantu dalam keadaan dan sesulit apapun dengan perasaan tulus dan tanpa pamrih. itulah teman sejati .

Seorang teman yang baik selalu bertanya “Apa yang bisa saya lakukan untuk membantu dan menolong Anda? “Bagaimana saya bisa membantu menyelesaikan masalahnya”?

Tetapi sebaliknya teman, teman yang mengaharapkan pamrih selalu ada maksud tertentu dan berkata dalam hatinnya “Apa yang bisa saya manfaatkan situasi dari pertemanan ini? Bagaimana saya dapat mengambil keuntungan dengan berteman dengannya”? Bagaimana saya mengekploisatasi pertemanan ini ? “

Tujuan dari pertemanan adalah untuk meningkatkan kehidupan,

Segara pilihlah teman yang dengan senang hati membantu anda, bukan teman dengan maksud tertentu atau membutuhkan pamrih sebagai balasan dari pertemanan tetapi melainkan didasari sebuah ketulusan dengan saling bertukar fikiran, saling membantu serta mengajarkan sesuatu yang baru dalam kehidupan pertemanan .

3. Apakah Teman Anda memiliki Pandangan dan Visi kedepan ?

Teman yang baik memiliki pandangan kedepan selalu menyenangkan untuk di ajak berdiskusi. Mereka tidak membicarakan kepedihan, kesedihan, kegagalan dan pengalaman buruknya kepada orang lain, tetapi mereka lebih banyak mengambil pengalaman untuk menata dirinya kembali menuju kehidupan yang lebih baik. Mereka biasanya selalu membicarakan apa yang akan mereka lakukan kelak, pendidikan untuk anak – anaknya, liburan berikutnya serta bagaimana mereka selalu mencari cara meningkatkan nilai pribadi dan keluarganya dalam kehidupan sehari – hari . meraka hanya merenungi masa lalunya untuk mengambil manfaat terhadap apa yang harus di hindari dan tidak dilakukan dimasa depan . .

Hidup ini tidak bisa diulang lagi, jadi kenapa kita harus meratapinya ? dan sebagian waktu kita akan berada di masa depan, jadi mengapa kita tidak meletakkan kehidupan kita disana ? semua uang dan kebijaksanaan yang kita lakukan tidak akan membawa kita kembali ke awal. Untuk itu carilah teman yang selalu memandang kedepan, yang mempunyai mimpi – mimpi, teman yang ingin meningkatkan kualitas hidup. Kemudian hindari orang – orang merasa senang menyampaikan hal – hal negatif seperti betapa buruknya kehudidupannya sejak dulu hingga kini. Segera hindari orang – orang yang menganggap hidup ini layaknya sebagai penjara .

4. Apakah Teman Anda Memiliki Tujuan ?

Selalu menyenangkan dekat dengan orang yang memiliki karakter yang kokoh dan mempunyai tujuan hidup yang jelas yang selalu ingin mengerjakan sesuatu lebih baik, meningkatkan diri, menghasilkan lebih banyak uang, lebih berprestasi, mendukuang alasan – alasan yang berharga atau singkatnya teman yang selalu menginginkan sebuah kemajuan

Untuk memperkuat ambisi pribadi anda, plihlah teman yang memiliki tujuan dan selalu berfikiran positif, tapi sebaliknya jika anda bergaul dengan orang yang malas, status quo, berfikiran negatif dimana mereka yang selalu berkata bahwa dunia ini buruk dan menjadi semakin buruk, maka anda akan memiliki pemahaman dan pandangan yang sama. untuk itu pilihlah teman yang memandang masa depan, ingin berbagi dengan anda, dan mereka yang ambisius yang bukan sekedar menjalani kehidupan sebagai benalu dalam kehidupan, bukan juga sebagai penumpang gelap yang memiliki maksud tertentu dibalik pertemanan.

Sekarang, Mau kemana Anda, juga sangat tergantung dengan siapa Teman Anda !

Semoga Bermanfaat